Total Tayangan Halaman

Rabu, 12 Januari 2011

Extract .zip .rar .tar.gz .tar.bz2 on UBUNTU

Para pengguna Linux pasti tau yah program buat compress file macam ZIP ataupun RAR. Nah kalo di UBUNTU jg ada lho, disini gw mau sharing “basi” ajah untuk extract format file .zip .rar .tar.gz .tar.bz2 di UBUNTU.
Normalnya itu di UBUNTU 10.04 yang gw pake dah ada package Archive Manager, yang kalo kita donlot tipe file compress bisa langsung di extract. Nah disini kalo UBUNTU anda gag support Archive Manager untuk extract otomatis, yuk mari pake Konsol untuk nge extractnya.
Yang pertama itu file .zip, pastikan anda berada di path file .zip itu ada. Terus kasi perintah
$ unzip <nama file>.zip
Yang kedua itu file .RAR, sebelumnya install dulu package unrar buat support extract file .RAR
$ sudo apt-get install unrar
Kalo udah keinstall tinggal masupin perintah
$ unrar .rar
Yang ketiga itu yang paling familiar di ubuntu, .tar.gz masupin ajah perintah
$ tar zxvf nama file.tar.gz
Untuk ngebuat file tar.gz cukup
$ tar cf <nama file>.tar.gz file file file …
Yang ke empat itu .tar.bz2, cukup
$ tar jxvf .tar.bz2
Terus untuk buat file .tar.bz2
$ tar jcvf .tar.bz2 file file file …
Cukup 4 deh yang paling familiar yang bisa gw shared…kedepannya masih banyak yang simple yang kudu gw jadiin library di blog jelek gw ni…
Semoga bermanfaat ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar