Total Tayangan Halaman

Senin, 10 Januari 2011

Menghilangkan 'index.php' di url codeigniter

Dari judulnya saja mungkin dah langsung bikin ketawa para master pemrograman neeh..
tapi ga papa.. itung-itung buat bantuin temen-temen yang tersesat kayak saya dahulu pas nyobain codeigniter.
Begini ceritanya...
Saya punya aplikasi yang dibuat diatas framework codeigniter punya adik kelas saya. Saya coba jalan di localhost saya.. hwehehehehe.. jalan dengan baik..
Tapi yang saya ingin hilangkan adalah kata-kata index.php di url di aplikasi tersebut.
misalnya : http://localhost/servisan/index.php/about

pengennya jadi seperti : http://localhost/servisan/about

Kebetulan di konfigurasi apache2 saya sudah 'mod_rewrite enabled'. Jadi saya berpikir tinggal setting konfigurasi di codeigniter-nya. Dan aku baca config.php...

....

$config['base_url'] = "http://localhost/servisan";

/*
|--------------------------------------------------------------------------
| Index File
|--------------------------------------------------------------------------
|
| Typically this will be your index.php file, unless you've renamed it to
| something else. If you are using mod_rewrite to remove the page set this
| variable so that it is blank.
|
*/
$config['index_page'] = "index.php";

....

di situ kelihatan kan.. kalau mod_rewrite sudah enabled maka hapus saja kata-kata index.php (di pikiranku begitu). Jadinya config yang begini

$config['index_page'] = "index.php";

aku ubah jadi begini :

$config['index_page'] = "";

Dan selesai.. Tapi setelah ku load halaman 'http://localhost/servisan/about' (tanpa index.php) kok malah muncul "Not Found' di firefox.

Akhirnya ada bantuan dari 'Kang Hari' dari milis codeigniter indonesia. Ternyata ada satu yang kelupaan. Apakah itu... yup file ".htaccess" nya.
hwahahaha...

Aduh malu deh.. kan kalau mau melakukan rewrite url memang pakai .htaccess. Kayaknya aku terpengaruh wordpress yang .htaccess-nya dibuatkan sama wordpress-nya saat kita setting permalink.

Yang lebih malu lagi, saya sudah terlanjur kirim permasalahan ke milis codeigniter.. dan sebelum ada yang respon saya sudah kirim pernyataan solved.. hwahahahaha..

o iya.. ini isi file .htaccess yang dikasih oleh kang hari.

RewriteEngine On
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar