Total Tayangan Halaman

Minggu, 16 Januari 2011

Selayang Pandang Setifikasi Cisco

Cisco tidak hanya membuat perangakat jaringan komputer. Namun juga menyediakan program pendidikan yang disebut Cisco Networking Academy.

Tujuan utaman dari program pendidikan tersebut yaitu untuk menghasilkan tenaga-tenaga profesional yang memahami jaringan komputer secara teori maupun praktek. Khususnya memahami bagaimana menggunakan perangkat network buatan Cisco, mampu menganalisis, dan menyelesaikan berbagai persoalan seputar jaringan komputer.


Sebagai bukti bahwa siswa telah menyelesaikan program studi dengan baik, maka Cisco memberikan sertifikat bagi siswa yang lulus tes. Pada mulanya, hanya ada sebuah jenjang pendidikan dan sebuah sertifikasi saja, yaitu CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert).

Sayangnya, sedikit sekali orang yang berhasil lulus tes CCIE yang terkenal sulit. Sehingga Cisco membuat track pendidikan yang lebih umum, seperti:
  • Associate: CCNA, CCNA Concentrations, CCDA.
  • Professional: CCNP, CCDP, CCSP, CCVP.
  • Expert: CCIE.

Selayang Pandang Setifikasi Cisco

Dengan adanya track-track tersebut, saat ini sudah cukup banyak orang yang berhasil lulus tes yang diselenggarakan oleh Cisco Networking Academy. Mendapatkan setifikat CCNA (Cisco Certified Network Associate) merupaka langkah awal menuju jenjang selanjutnya.

Di Indonesia, sudah ada beberapa lembaga training komputer yang menyediakan training CCNA dan menyediakan tempat tes CCNA. Contoh yang paling dekat dengan saya adalah Binus Center. Sebuah lembaga, yang berdiri dibawah Binus University.

Beberapa hal yang dipelajari saat mengikuti program pendidikan CCNA, antara lain:
  • Instalasi, konfigurasi, pengoperasian LAN, WAN, dan wireless access service secara secure. Troubleshoot dan konfigurasi small/medium networks (terdiri atas 500 node atau kurang).
  • Pengetahuan tentang protokol IP, IPv6, EIGRP, RIP, RIPv2, OSPF, serial connections, Frame Relay, cable, DSL, PPPoE, LAN, switching, VLANs, Ethernet, security, dan access lists.

Dari tahun ke tahun, Cisco melakukan revisi dan penambahan materi kurikulum CCNA. Untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap tentang CCNA, silahkan kunjungi situs dibawah ini:

Beberapa judul buku dan materi lainnya yang direkomendasikan oleh Cisco dapat dilihat di situs http://www.ciscopress.com/promotions/index.asp

Seberapa besar pengaruh sertifikasi terhadap karir seseorang sangat dipengaruhi beberapa faktor. Umumnya, pemegang sertifikasi Cisco merasakan adanya peningkatan peluang dan pendapatan (gaji) dibandingkan sebelum meraih sertifikat.

Namun, hal ini tidak dan bukanlah satu-satunya tolak ukur. Tidak semua pemegang sertifikasi Cisco berencana untuk meniti karir di perusahaan IT. Ada yang hanya ingin belajar dan menerapkan ilmu yang diperolehnya untuk tujuan lain (bukan untuk memperoleh materi).

Untuk memahami bagaimana mengoperasikan perangkat Cisco dengan baik, maka mau tidak mau kita harus belajar memahami konsep dasar network. Belajar menggunakanperangkat Cisco dapat dianalogikan seperti belajar mengendarai mobil. Anda tidak harus menjadi seorang pembalap jika ingin menyetir mobil dengan baik. Tentu saja, anda harus memiliki SIM jika ingin mengemudikan mobil di jalan raya.

SIM menjadi bukti bahwa anda sudah layak mengendari mobil. Sertifikasi Cisco dapat dianalogikan dengan SIM. Jika anda hanya ingin mahir mengoperasikan perangkat Cisco dan tidak berhasrat bekerja di perusahaan yang menuntut bukti sertfikat tersebut, maka anda tidak perlu memiliki sertifikasi dari Cisco.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar