Total Tayangan Halaman

Senin, 10 Januari 2011

Konfigurasi Host networking dan bridging Virtual Box di Ubuntu

Teman-teman semua. ini ada short tips dari faiq temenku tentang virtualbox networking. aku kopi paste dari sana langsung.. Silahkan menikmati

sumber : http://aiqu-blog.blogspot.com/2008/11/konfigurasi-host-networking-dan.html

Pembahasan kali ini fokus untuk host VirtualBox yang memiliki OS Ubuntu. Sebenernya tutorial ini merangkum apa yang sudah ada di Help-nya VirtualBox (dan semoga tidak ada kekeliruan), So, untuk informasi yang lebih detail saya anjurkan untuk membaca di help-nya VirtualBox atau searching beberapa referensi di internet.

Pertama kali,
Host OS = OS yang dijadikan tempat bersemayam VirtualBox (salah satu jenis virtual machine) dalam hal ini komputer yang kita install VirtualBox
Guest OS = OS yang bersemayam di dalam VirtualBox

Kedua kali,
Kita tahu bahwa linux kernel mempunyai fitur namanya TAP interface. Fitur ini digunakan untuk pembuat virtual network interface, atau katakanlah dalam bahasa lebih manusiawi... Lan Card Virtual. Nah fitur ini yang nantinya kita manfaatkan di HOST untuk bisa koneksi dengan GUEST yang notabene berjalan diatas virtual machine.

Untuk device yang digunakan untuk TAP interface ada di /dev/net/tun. Biar bisa diakses oleh virtualBox maka pastikan bahwa privilege-nya bisa di write oleh member VirtualBox Host Networking (vboxusers group).

~$ sudo chmod 0666 /dev/net/tun

Ketiga kali,

1.

Lakukan instalasi paket bridge-utils di komputer/ OS host. Bridge-utils ini nanti yang digunakan untuk pembuatan bridge di komputer host

~$ sudo apt-get install bridge-utils

2.

Seting file /etc/network/interfaces untuk mengkonfigurasi bridge, dan menambah host interface di bridge tersebut.

Contoh dibawah ini adalah pembuatan bridge br0 dengan dynamic IP configuration dan menambahkan interface eth0 di bridge tersebut

auto br0
iface br0 inet dhcp
bridge_ports eth0

Contoh di bawah ini untuk pembuatan br0 dengan static IP configuration, dan menambahkan interface eth0 di bridge tersebut.

auto br0
iface br0 inet static
address 192.168.2.10
netmask 255.255.255.0
network 192.168.2.0
broadcast 192.168.2.255
bridge_ports eth0

3.

Restart service networking yang ada di OS host
4.

Buat virtual interface permanen di OS host (misal vbox0), interface ini yang nantinya dihubungkan dengan interface yang ada di OS guest. VirtualBox sudah menyediakan command sendiri untuk menambah virtual interface, yaitu VboxAddIF.

~$ sudo VBoxAddIF vbox0 br0

merupakan nama login user di OS host yang bisa mengakses interface yang bersangkutan

5.

Selanjutnya seting IP yang ada di OS guest sehingga satu netmask dengan IP yang ada di bridge br0. Ping dari OS host ke OS guest atau sebaliknya.
6.

Apabila sudah berhasil di ping, maka seting network bridge anda berhasil.

Referensi:
VirtualBox® User Manual
http://forums.virtualbox.org/
http://samiux.wordpress.com/2007/07/11/bridge-network-interface-on-virtualbox/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar