Total Tayangan Halaman

Minggu, 16 Januari 2011

Menulis Program Dengan C++

Program C++ dapat ditulis dengan menggunakan editor teks, seperti Notepad, Wordpad, Wordstar, SideKick, ataupun menggunakan editor bawan dari kompiler.
Contoh sebuah program C++, adalah:

  1. #include <iostream.h>  
  2.   
  3. void main(){  
  4. cout << "Sampai jumpa di kedidupan ketika kita menjadi kucing";  
  5. cin.get();   
  6. }  
Program C++ biasa ditulis dengan nama ekstensi .CPP (diambil dari kata c plus plus). Agar program ini bisa dijalankan (dieksekusi), program harus dikompilasi terlebih dahulu dengan kompiler C++.

Pada saat pengkompilasian, program sumber (.CPP) bersama file-file header (berekstensi .H atau .HPP) akan diterjemahkan oleh kompiler C++ menjadi kode objek (.OBJ). File objek ini berupa file dalam format biner (berkode 0 dan 1).

Selanjutnya, file objek ini bersama-sama dengan file objek lain serta file pustaka (.LIB) dikaitkan menjadi satu oleh linker. Hasilnya berupa file yang bersifat executable. File inilah yang dijalankan dari sistem operasi secara langsung.

Saat ini, banyak kompiler C++ yang beredar di pasaran. Sebagai contoh adalah Microsft Corporation, sebagai perusahaan pembuat perangkat lunak yang sangat populer, Microsoft Corp. mengeluarkan produk kompiler C++ berupa Microsoft Visual C++.

Sedangkan Borland International, yang sangat populer dengan Turbo Pascal-nya, mengeluarkan Borland C++. Kedua kompiler inilah yang dipakai oleh sebagian besar programmer C++ di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar