Total Tayangan Halaman

Minggu, 16 Januari 2011

Sekilas Tentang Bahasa HTML

HTML (Hypertext Markup Language) adalah suatu bahasa yang digunakan untuk membuat halaman web. HTML itu bahasa yang fleksibel karena tidak tergantung pada suatu platform (sistem operasi) tertentu. Jadi, HTML bisa dibaca di platform Windows, Mac OS, maupun Linux.

HTML hadir di dunia maya sejak tahun 1990-an. Pengembangan HTML sendiri merupakan ide dari Tim Berner Lee. HTML terdiri dari tag-tag yang mendefinisikan elemen tertentu pada sebuah halaman web.
HTML merupakan bahasa yang tidak case sensitive, tidak seperti bahasa pemrograman server-side, seperti PHP atau ASP. Contohnya, untuk menebalkan dokumen kita bisa menggunakan tag <b> atau dengan huruf kapital <B>, HTML dalam hal ini bisa memakluminya.

HTML merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks, yaitu SGML (Standar Generalized Markup Language). Saat ini, HTML telah mencapai versi 4.01.

Pada dasarnya, dokumen HTML memiliki tiga tag utama, yaitu HTML, HEAD, dan BODY. Tag HTML digunakan untuk menyatkan suatu dokumen HTML, tag HEAD untuk menyiman atau menampilkan informasi tertentu, dan tag BODY untuk menampilkan isi dokumen HTML.

Sekilas Tentang Bahasa HTML

Struktur penulisan kode HTML untuk tampilan di atas adalah sebagai berikut:
  1. <html>  
  2. <head>  
  3. <title>Selamat Datang</title>  
  4. </head>  
  5. <body>  
  6. <h1 align="center">Selamat Datang Di Website Saya</h1>  
  7. </body>  
  8. </html>  
Jadi, bagi anda yang ingin belajar bahasa PHP, ASP, atau lainnya, jangan terburu-buru. Saya sarankan anda pelajari dulu bahasa HTML lebih dalam. Karena HTML adalah dasar dari bahasa pemrograman pembuat website yang telah ada saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar