Total Tayangan Halaman

Minggu, 16 Januari 2011

Sekilas Tentang Sitem Operasi Unix

Unix adalah salah satu sistem operasi yang tersedia untuk digunakan di komputer pribadi, server dan jaringan. Beberapa kalanagan menganggap sistem operasi Unix lebih efisien dan dapat diandalkan dibandingkan sistem operasi lainnya. Sistem operasi Unix dikenal karena ringan fitur dan kemampuan untuk mengintegrasikan dengan lancar dengan sistem operasi yang lain.

Unix merupakan sistem operasi komputer yang digunakan pada server, workstation, dan komputer pribadi. Program Unix berdasarkan klien-server model yang memungkinkan untuk multi-user interface atau jaringan. Unix menggunakan utilitas program kecil, sehingga sistem Unix ini mampu melakukan beberapa tugas dari beberapa pengguna dalam kerangka waktu yang sama.
Sistem operasi Unix dikembangkan di AT & T Bell Labs oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie sebagai upaya untuk menyediakan operasi yang lebih efisien untuk lingkungan yang baru. Unix merupakan sistem operasi pertama untuk memanfaatkan file sistem yang mempunyai kemampuan multi-tasking.

Manfaat dari sistem operasi Unix dibandingkan sistem operasi lain pada komputer anda tergantung pada kebutuhan khusus komputer untuk apa. Unix menyediakan lingkungan yang stabil, yang berarti mengurangi kerentanan terhadap crash program ketika baru dipasang.

Unix juga merupakan sistem yang lebih mandiri dalam program yang dapat berfungsi sebagai sender mail dan mencetak server. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan privasi, karena mail akan di-download secara langsung ke komputer, tidak melalui web server. Kemampuan proses akan lebih cepat dan memerlukan sedikit memori.

Sistem operasi Unix terdiri dari tiga komponen utama, yaitu:
  1. Kernel.
  2. Ini adalah perintah dari pusat sitem operasi. Dari sini program konfigurasi memori ditugaskan, serta waktu urutan peristiwa. Kernel juga mengelola sistem repositori dalam menanggapi sistem panggilan.
  3. Programs.
  4. Program ini membuat individu atas perintah yang diberikan oleh user untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
  5. Shell.
  6. Shell memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan sistem. Disinilah perintah baris yang dimasukkan, diterjemahkan oleh Shell kepada kernel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar