Total Tayangan Halaman

Rabu, 12 Januari 2011

Repair File System Manually on openSUSE 11.3

Pernah gag ketemu masalah ini? Pas booting mau masuk ke openSUSE tiba-tiba gag bisa masuk! Malah ada pesen untuk check/repair manualy file system. Problem ini sih gara-gara listrik di ruma gw itu tegangannya kacau BANGEEEEEEETTTTTT!!!! Mungkin juga kalo menurut gw ini masalahnya ada di gara-gara HARDBOOT.
Disini gw pake openSUSE 11.3 yah, kurang tau juga bisa gag kalo masalah ini ada di distro LINUX lainnya? Soale waktu gw pake UBUNTU LUCID 10.04 waktu itu gag pernah ketemu masalah kek gini, biasanya langsung otomatis scan untuk repair.Okeh…langsung ajah. Disini gw pake bantuan dari LIVE-CD openSUSE gw, belum gw coba repair di konsol pas booting. Kalo udah masuk ke desktop LIVE-CD openSUSE, buka terminal yah. Terus jadiin super user atau root dolo. Kalo udah terus periksa dulu partisi yang mau di repair atau di check.
# fdisk -l
Disini gw pake partisi root ada di /dev/sda3 n partisi buat home ada di /dev/sda4 repair atau check ajah dulu root sama home nya pake perintah fsck semua perintah manualnya bisa diliat pake perintah # fsck –help Tapi disini gw pake perintah simple ajah n alhamdulillah recovery jg dah system gw yang crash
# fsck /dev/sda3 <<<>>>> ini untuk repair partisi di root gw
# fsck /dev/sda4 <<<>>>> ini untuk repair partisi home gw
Ok, simple tapi berhasil balikin system openSUSE di komputer gw. Belum gw coba perintah ini kepake gag di distro lainnya. Tapi keknya sih bisa jg, coz ini kan perintah universal UNIX/LINUX ;)
Best Regards

Tidak ada komentar:

Posting Komentar